Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Dipadu Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI IPA MAS CIPTA Simpang Dolok Tahun Ajaran 2020/2021

Santi, Santi (2021) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Dipadu Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI IPA MAS CIPTA Simpang Dolok Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL SANTI TBIO (0310161003) PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching (pembelajaran terbalik) dipadu Mind Mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA MAS CIPTA Simpang Dolok Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif dengan desain Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAS CIPTA Simpang Dolok Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan rumus TCR (Tingkat Capaian Responden) dan untuk hasil belajar siswa analisis data menggunakan uji hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil baik terhadap aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa pada kedua kelas. Pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran yang konvensional, aktivitas belajar siswa hanya berpusat pada kegiatan menulis dan mendengarkan. Sedangkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dipadu Mind Mapping aktivitas belajar siswa tidak hanya berpusat pada salah satu kegiatan, dimana aktivitas siswa pada setiap indikatornya mengalami peningkatan. Pada hasil belajar siswa perolehan nilai rata-rata Postest pada kelas kontrol yaitu 70 sedangkan perolehan nilai rata-rata Postest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 84,4. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas dan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching (pembelajaran terbalik) dipadu Mind Mapping dimana aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen > kelas kontrol sehingga Ha diterima. Perolehan hasil belajar siswa melalui uji hipotesis statistik menunjukan bahwa harga thitung yaitu 7,28 dan harga ttabel 2,068, artinya thitung > ttabel, maka Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:39
Last Modified: 24 Jun 2021 03:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item View Item