Analisis Pelaksanaan Praktikum Dalam Menumbuhkan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Secara Daring Di MTs PAB 2 Sampali

Putri, Syahdina (2021) Analisis Pelaksanaan Praktikum Dalam Menumbuhkan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Secara Daring Di MTs PAB 2 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAHDINA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui pelaksanaan praktikum dalam menumbuhkan psikomotorik siswa pada mata pelajaran biologi secara daring di MTs PAB 2 Sampali. Metode yang digunakan dalam penelitina ini adalah metode kualitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kinerja siswa saat melakukan praktikum, yang dinilai meliputi keterampilan psikomotorik siswa sebelum praktikum, pelaksanaan selama percobaan, dan akhir kegiatan praktikum, (2) dokumentasi, digunakan untuk menambah kelengkapan informasi penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan praktikum secara daring berhasil menumbuhkan psikomotorik siswa, pada praktikum mencangkok pada tahap imitasi dan manipulasi memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,25% dan 81,97%, pada tahap ketepatan dan artikulasi memiliki kategori sangat baik pada dengan nilai rata-rata sebesar 90,87% dan 90,93%, pada tahap naturalisasi memiliki kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 70,62%. Pada pelaksanaan praktikum menempel pada tahap imitasi,manipulasi dan artikulasi memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 85,63, 83,95%, dan 87,5%, pada tahap ketepatan dan naturalisasi memiliki kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 96,12%. Pada pelaksanaan praktikum merunduk pada tahap imitasi dan ketepatan memiliki kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 90,93% dan 93,43%, pada tahap manipulasi, artikulasi dan naturalisasi memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 78,69%, 83,75%, dan 82,5%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:16
Last Modified: 23 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item