Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan

Wahyuni, Putri (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran talking stick dan bagaimana proses penerapannya terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencaaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 18 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapat nilai rata-rata sebesar 60,9 atau 20 % tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkan model pembelajaran talking stick pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 68,75 atau 50 % tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,81 % tigkat keberhasilan para siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat apabila telah menggunakan model pembelajaran talking stick.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:06
Last Modified: 23 Jun 2021 07:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item