Wahyuni, Putri (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI PUTRI PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran talking stick dan bagaimana proses penerapannya terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencaaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 18 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapat nilai rata-rata sebesar 60,9 atau 20 % tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkan model pembelajaran talking stick pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 68,75 atau 50 % tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,81 % tigkat keberhasilan para siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat apabila telah menggunakan model pembelajaran talking stick.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 07:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 07:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11745 |
Actions (login required)
View Item |