Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII Di MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak

Rahman, Taufiqur (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII Di MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TAUFIQUR RAHMAN TBIO-2, ST 2016_2 REVISI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question dan model pembelajaran konvensional seperti pembelajaran dengan metode ceramah yang umum dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak Kec. Tg.Pura Kab. Langkat pada Tahun Ajaran 2020/2021, dan penelitian ini dilakukan pada akhir bulan September sampai bulan Oktober tahun 2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian penelitian yang penyajian data-datanya berupa angka-angka dan menggunakan analisis statistik. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan tes untuk melihat hasil belajar siswa, dan melakukan observasi dengan lembar observasi untuk melihat keaktifan siswa. Peneliti menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 dan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question. Kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa dikelas eksperimen sebesar 63% sedangkan dikelas kontrol hanya 50% saja. Kemudian untuk hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Rata- rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 73.06 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 64,35. Nilai keaktifan siswa menunjukkan kelas Eksperimen > kelas Kontrol, sehingga Ha 1 diterima. Dan hasil uji t juga menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 sehingga Ha 2 diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Start With A Question, Hasil Belajar, Keaktifan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Jun 2021 05:23
Last Modified: 23 Jun 2021 05:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item