Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDIT Darul Fikri Tanjung Balai Kecamatan Datuk Bandar

Nurjannah, Kiki (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDIT Darul Fikri Tanjung Balai Kecamatan Datuk Bandar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI NURJANNAH (0306163184).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPS siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di SDIT Darul Fikri Tanjung Balai (2) Hasil belajar IPS siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing di SDIT Darul Fikri Tanjung Balai (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDIT Darul Fikri Tanjung Balai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDIT Darul Fikri Tanjung Balai Kecamatan Datuk Bandar. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pre-test dan post-test soal pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh ratarata 76,61. (2) Hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing memperoleh rata-rata 90,16. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDIT Darul Fikri Tanjung Balai. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh thitung > ttabel = 7,440 > 1,695 dengan taraf signifikan = 0,05 sehingga dinyatakan Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas V SDIT Darul Fikri Tanjung Balai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jun 2021 05:11
Last Modified: 23 Jun 2021 05:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11737

Actions (login required)

View Item View Item