Febriani, Luly (2020) Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Core (Connecting Organizing, Reflecting, Extending) Dan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Di Kelas XI MAS Darul Akhirah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
LULY FEBRIANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) di kelas XI MAS Darul Akhirah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAS Darul Akhirah Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 70 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 28 orang dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 27 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran CRH pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI MAS Darul Akhirah dengan Fhitung (3,307) < Ftabel, ( 3,93); 2). Kemampuan penalaran matematis yang diajar dengan model pembelajaran CORE tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran CRH pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI MAS Darul Akhirah dengan Fhitung (2,481) < Ftabel (4,023); 3). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran CRH pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI MAS Darul Akhirah dengan Fhitung (3,035) < Ftabel (4,023). Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran CORE dan CRH
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 04:47 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 04:47 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11733 |
Actions (login required)
View Item |