Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Atfal Rahmah El-Yunusiyah IV Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2020/2021

Wati, Erna (2021) Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Atfal Rahmah El-Yunusiyah IV Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERNAWATI PIAUD 2016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat pokok tentang implementasi metode bermain peran dalam pengembangan emosional anak 5-6 tahun di Raudhatul Atfal ElYunusiyah IV kecamatan Medan Area. Penelitian ini bertujun; 1) untuk mengetahui penerapan metode bermain peran. 2) untuk mengetahui pengembangan emosional anak.3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung metode bermain peran dalam pengembangan emosional anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Atfal Rahmah El-Yunusiyah IV. Karena pembelajaran melalui bermain peran merupakan suatu proses pembelajaran dengan melibatkan anak didik untuk memerankan tokoh-tokoh sesuai dengan tema yang ada. Selain itu anak akan mendapat pengalaman yang baru, sehingga dapat menunjang perkembangan keterampilan emosional anak. metode bermain peran mempunyai keunggulan dari metode-metode yang lain, dikarenakan pada metode ini anak akan melakukan interaksi pada teman-temannya yang lain. Metode bermain peran ini akan membuat anak tidak mudah lupa dengan pembelajaran yang dilakukan, karena anak akan melakukan permainan secara langsung dan tentunyan anak akan di tuntut aktif dalam memainkan perannya. Adapun pemolehan data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriftif. Yaitu data-data yang berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Untuk mendapatkan data tersebut penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode bermain peran, guru dapat mengembangkan emosional yang ada pada diri anak, ketika anak memulai memperagakan perannya sebagai penjual dan pembeli untuk melakukan permainan bermain peran, maka pada saat itu lah pengalaman serta pengetahuan anak akan bertambah begitu juga dengan emosional-emosional yang ada pada diri anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:25
Last Modified: 22 Jun 2021 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item