Model Pengembangan Kecerdasan Spiritual Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Pesantren Modern Al-Jam’iyatul Washliyah Kec. Datuk Bandar Kota Tanjung Balai

Lestari, Widya (2020) Model Pengembangan Kecerdasan Spiritual Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Pesantren Modern Al-Jam’iyatul Washliyah Kec. Datuk Bandar Kota Tanjung Balai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDYA LESTARI PAI-3 .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kecerdasan spiritual yang dilakukan oleh guru jenjang MTs dalam pembelajaran Al�Qur‟an Hadits di Pesantren Modern Al-Jam‟iyatul Washliyah Kec. Datuk Bandar Kota Tanjung Balai. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah guru mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits sebagai kunci informan. Sedangkan informan pendukungnya adalah santri, kepala madrasah, dan kepala pengasuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik dari Miles dan Huberman dengan mengikuti tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk keabsahan data digunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Model pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di Pesantren Modern Al-Jam‟iyatul Washliyah terdiri dari pengembangan proses pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan model Al- Ghazali dan di luar kelas yang mencakup program kegiatan yang ada di pesantren dengan menggunakan model pengembangan Glasser dan Jerold E. Kemp. (2) Pelaksanaan model pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran di dalam kelas melalui tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Sedangkan model pengembangan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran di luar kelas yaitu dengan ikut melaksanakan, memantau dan juga menilai program kegiatan di pesantren. (3) Alasan guru mengembangkan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran didalam kelas karena zaman sekarang remaja di Tanjung Balai kian merosot akhlaknya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:27
Last Modified: 28 Jun 2021 07:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item