Kompetensi Kepribadian Pendidik Dalam Tafsir Asy-Sya’rawi Pada Surah Luqman Ayat 13-19

Irsyad, Muhammad (2020) Kompetensi Kepribadian Pendidik Dalam Tafsir Asy-Sya’rawi Pada Surah Luqman Ayat 13-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKIRIPSI MUHAMMAD IRSYAD PDF.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Alquran adalah kitab suci umat Islam yang diberikan oleh Allah Swt kepada Ummatnya, sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan. Namun untuk lebih dalam memahami isi kandungan Alquran, diperlukan kitab Tafsir yang dikarang oleh para ulama Tafsir. Kitab Tafsir Sya’rawi merupakan salah satu kitab Tafsir yang dikarang oleh Ulama yang sangat terkenal di Mesir yakni Syeikh Muhammad Mutawali Asy-Sya’rawi, sampai-sampai nama Tafsir tersebut diambil dari nama pengarangnya yakni Tafsir Asy- Sya’rawi. Salah satu bagian dari ayat Alquran berisikan tentang Tarbiyyah yakni pendidikan, termasuk bagaimana pendidik dalam Alquran. Seorang pendidik memang sudah seharusnya memiliki kompetensi dalam mendidik para peserta didik ketika proses pembelajaran. Dalam Undang-Undang guru dan dosen dijelaskan bahwa ada 4 kompetensi kepribadian pendidik , yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu kompetensi kepribadian sebagai objek pada penelitian ini akan dikaitkan dengan Tafsir Asy-Sya’rawi, dengan mencari kompetensi kepribadian pendidik dalam Tafsir Asy-Sya’rawi pada Alquran surah Luqman ayat 13-19. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, model Library research/kepustakaan dengan pendekatan content analysist. Oleh karena itu penulis mengumpulkan kompetensi kepribadian pendidik yang terdapat dalam tasfir Asy- Sya’rawi pada Alquran surah Luqman ayat 13-19. Dengan begitu akan ditemukan kompetensi kepribadian apa saja yang terdapat dalam Tafsir Sya’rawi tersebut. Dalam penelitian yang telah dilakukan ini, penulis menemukan ada 10 kompetensi kepribadian pendidik yang terdapat dalam Tafsir Asy-Sya’rawi tersebut. Dengan begitu ini akan menambah khazanah dalam Pendidikan Islam mengenai kompetensi kepribadian pendidik dalam Alquran

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:17
Last Modified: 21 Jun 2021 07:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11708

Actions (login required)

View Item View Item