Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP IT Al-Hijrah Medan

Khairani, Nova (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP IT Al-Hijrah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nova Khairani.Pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas VII SMP IT Al-Hijrah Medan. Model pembelajaran flipped classroom adalah model pembelajaran terbalik yaitu siswa menerima materi pembelajaran sebelum dimulainya pembelajaran melalui video pembelajaran, powerpoint dan beragam media yang disediakan guru, sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pebelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP IT Al�Hijrah Medan yang berjumlah 94 siswa. Sample yang diambil dalam penelitian ini adalah random sampling (sample acak berkelompok) yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-AB Ikhwan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B IKhwan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa dalam setiap kelas 16 siswa. Nama : Nova Khairani NIM : 0310162040 Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP IT Al�Hijrah Medan Prodi : Tadris Biologi Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Pembimbing I : Indayana Febriani Tanjung, M.Pd Pembimbing II : Rohani, M.Pd Tempat, Tanggal/Lahir : Duri, 21 Agustus 1998 No. Hp : 081260375377 Email : novakhairani211998@gmail.comii Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 40.42 termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata nilai posttest adalah 81,0 dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 40,00 dengan kategori rendah dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 61,67 dan termasuk dalam kategori rendah. Uji hipotesis pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar di peroleh thitung = 5,35 ≥ ttabel = 2,04 dengan probabilitas = 0,05 dan dk = 30. Sehingga diketahui bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, karena thitung > ttabel = 5,35 > 2,04. Hal ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:59
Last Modified: 21 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item