Asmawati, Ayu (2020) Penerapan Model Sentra Sains dalam Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Asyuhada T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Ayu Asmawati.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana penerapan model sentra sains anak usia 5-6 tahun di RA Asyuhada? Bagaimana keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di RA Asyuhada? Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penerapan model sentra sains dalam keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di RA Asyuhada? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui model sentra sains anak usia 5-6 tahun di RA Asyuhada (2) Untuk mengetahui keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di RA Asyuhada (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model sentra sains dalam keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di RA Asyuhada. Adapun hasil penelitian di RA Asyuhada pada penerapan model sentra sains yaitu: guru memakai 4 pijakan yang dilakukan saat penerapan tersebut, yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum bermain, pijakan selama bermain, dan pijakan sesudah bermain. Penerapan keterampilan proses sains yang dilakukan pada penerapan tersebut yaitu: guru menggunakan 4 keterampilan, yakni keterampilan mengamati, keterampilan mengklasifikasikan, keterampilan meramalkan, dan keterampilan mengkomunikasikan. Faktor pendukung dalam penerapan model sentra sains dalam keterampilan proses sains di RA Asyuhada yaitu: Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan model sentra sains yang ada di RA Asyuhada yaitu: (1) guru mampu menerapkan model sentra sains, (2) adanya partisipasi orang tua dalam penerapan model sentra sains, (3) kepala sekolah menyediakan sarana dan prasarana pada model sentra sentra sains. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan model sentra sains yang ada di RA Asyuhada yaitu: (1) guru kurang memberikan ketersediaan media atau bahan untuk eksperimen di Sentra Sains, (2) ada beberapa anak yang masih sulit untuk diatur saat pembelajaran dilakukan
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 06:20 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 06:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11704 |
Actions (login required)
View Item |