Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Amalianur Tahun Ajaran 2019/2020

Amalia, Cici (2020) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Amalianur Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
CICI AMALIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Amalianur, Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupateen Labuhan Batu. Pada Tanggal 20 februari sampai 20 Maret 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design dengan tipe Non Equivalent Control Group Desain. Populasi berjumlah 30 orang anak, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana proses pembelajaran media audio visual yang diterapkan di Tk Amalianur. Bagaimana proses pembelajaran media buku iqra’ yang diterapkan di di Tk Amalianur. Apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Amalianur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Mengetahui proses pembelajaran media audio visual yang diterapkan di Tk Amalianur. Mengetahui proses pembelajaran media buku iqra’ yang diterapkan Di Tk Amalianur. Apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Amalianur. Hasil penelitian rata-rata kelas eksperimen pre test 9,5 dan rata-rata post test 14,2, dengan nilai tertinggi post test 16 dan nilai terendah post test 13. Kelas kontrol dengan rata-rata pre test 8,5 dan rata-rata nilai post test 13,2, dengan nilai tertinggi 14 dan terendah 12. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 62,204 > 2,160 dengan angka signifikan α= 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima sehingga dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari media audio visual terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun T.A 2019/2020

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:09
Last Modified: 21 Jun 2021 06:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item