Strategi Guru Tahfizh dalam Aktivitas Menghafal Alquran Juz 30 Siswa MTsN 2 Medan

Prabowo, Muhammad Bagus (2019) Strategi Guru Tahfizh dalam Aktivitas Menghafal Alquran Juz 30 Siswa MTsN 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Bagus Prabowo.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di Madrsah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang berlokasi di jalan Peratun No 3 Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mendriskripsikan strategi yang digunakan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan dan aktivitas guru tahfizh dalam mengajar tahfizh di madrasah. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Adapun pengumpulan data penelitian ini dengan metode (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan diolah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Guru Tahfizh di MTsN 2 Medan. Secara umum penelitian ini mengajukan 3 (tiga) pertanyaan. Pertama, perencaanaan pembelajaran guru tahfizh dalam aktivitas menghafal Alquran Juz 30 siswa MTsN 2 Medan?. Kedua, bagaimana pelakasanaan pembelajaran guru tahfizh dalam aktivitas menghafal Alquran Juz 30 siswa MTsN 2 Medan?. Ketiga, bagaimana aktivitas menghafal Alquran Juz 30 siswa MTsN 2 Medan?. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Penelitian ini menemukan bahwa dalam aktivitas menghafal Alquran yang dilaksanakan di MTsN 2 Medan, guru-guru tahfizh telah menggunakan beberapa strategi dan metode dalam mengajar tahfizh. Namun belum sepenuhnya guru-guru tahfizh membuat perencanaan pembelajaran secara sistematis dalam mengajar tahfizh layaknya RPP. Akan tetapi guru-guru tahfizh hanya mengajar dengan spontanitas dan menggunakan pengalaman-pengalamannya ketika dalam pelaksanaan dan aktivitas menghafal Alquran yang ada di MTsN 2 Medan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 18 Jun 2021 05:58
Last Modified: 18 Jun 2021 05:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11692

Actions (login required)

View Item View Item