Wahyuni, Eka (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Sosial Dan Budaya Di Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match Kelas IV Di MIN 3 Kota Medan Jalan Pembangunan 1 Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi eka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan Penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi keragaman sosial dan budaya di indonesia kelas IV MIN 3 Kota Medan. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal-soal, sehingga diperlukan usaha dan strategi pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match pada materi keragaman sosial dan budaya di indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tes, observasi, tahap anaisis dan refleksi. Sampel diambil sebanyak 29 yaitu siswa kelas IV di MIN 3 Kota Medan. Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberikan tindakan menunjukkan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 22,2% (6 siswa). Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 48,14% (13 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 81,48% (22 siswa). Sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar IPS dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya setempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 3 Kota Medan Kec. Medan Timur Kota Medan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Jun 2021 14:20 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 14:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11684 |
Actions (login required)
View Item |