Azman, Muhammad (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Simulasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS MUHAMMAD AZMAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 4 Medan, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 4 Medan, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 4 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Medan terdiri dari 11 kelas.. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Pengujian normalitas menggunakan Liliefors dan pengujian homogenitas menggunakan Fisher dan Bartlett. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur pada = 0,05.. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar hasil belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini terbukti dari hasil pengujian statistik yang menunjukkan Fhitung = 4,35 > Ftabel 3,96, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini terbukti dari pengujian statistik yang menunjukkan Fhitung = 5,14 > Ftabel 3,96, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar, hal ini terbukti dari pengujian statistik yang menunjukkan Fhitung = 104,36 > Ftabel 3,96.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Jun 2021 13:54 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 13:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11682 |
Actions (login required)
View Item |