Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis Di Pondok Pesantren Modern Ta'dib Al-Syakirin Titi Kuning Kec. Medan Johor Kota Medan Sumatera Utara

Batubara, Lisa Nusyafitri (2021) Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis Di Pondok Pesantren Modern Ta'dib Al-Syakirin Titi Kuning Kec. Medan Johor Kota Medan Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lisa Nursyafitri Batu Bara.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kecerdasan sosial yang dilaksanakan oleh guru Mts dalam pembelajaran Hadis di pesantren modern Ta’dib Al-Syakirin Titi Kuning, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis, Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya berasal dari guru mata pelajaran Hadits sebagai informan kunci. Sedangkan informan pendukungnya adalah santri, kepala sekolah Mts,dan kepala pengasuhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancaran, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Miles,Huberman dengan mengikuti tiga langkah yakni data condensation, data display dan verification.Untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber,metode dan peneliti. Hasilnya menunjukkan bahwa (1)Kecerdasan sosial dikembangkan melalui persiapan pembelajaran, pembelajaran di kelas, dan pembelajaran di luar kelas. (2) Dalam mengembangan kecerdasan sosial santri yang dilakukan di pesantren modern Ta’dib AlSyakirin lebih banyak pada kegiatan pembelajaran di luar kelas dari pada pembelajaran di dalam kelas. (3) Dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri dalam pembelajaran pesantren modern Ta’dib Al-Syakirin menggunakan gabungan dari beberapa Model pembealajaran seperti Dick dan Cary, Model Banathy yang memiliki mengidentifikasi tujuan pembelajaran, pengembangan strategi pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, dan mengadakan perbaikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Jun 2021 05:44
Last Modified: 11 Jun 2021 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item