Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bireun

Idayani, Evi (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bireun. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS S2 EVI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbimbing terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan (3) interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bireuen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang tersebar pada 6 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur pada pengujian α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) (1) terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Bireuen. Dalam hal ini hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi ekspositori yang terlihat dari rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing ( X = 70,93) lebih tinggi dari hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( X = 69,69), (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Bireuen. Dalam hal ini hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan motivasi yang terlihat dari rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan motivasi belajar tinggi ( X = 73,42) lebih tinggi dari hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan motivasi belajar rendah ( X = 67,80), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Bireuen dengan hasil perhtiungan anava faktorial 2 x 2 diperoleh Fhitung = 15,04 sedangkan nilai Ftabel = 3,928 untuk dk (1,114) dan taraf nyata  = 0,05. ternyata nilai Fhitung = 15,04 > Ftabel = 3,928

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:42
Last Modified: 09 Jun 2021 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item