Upaya Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Hijaiyah (Makhraj Al-Lisan) Secara Baik dan Benar dalam Membaca Alquran dengan Metode Al-Hira’ pada Siswa Kelas VII-A MTs. Swasta IRA Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Candra, Candra (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Hijaiyah (Makhraj Al-Lisan) Secara Baik dan Benar dalam Membaca Alquran dengan Metode Al-Hira’ pada Siswa Kelas VII-A MTs. Swasta IRA Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CANDRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan melafalkan huruf hijaiyah (Makhraj Al-Lisan) secara baik dan benar dalam membaca Alquran sebelum diterapkan Metode Al-Hira‟. 2) Kemampuan melafalkan huruf hijaiyah (Makhraj Al�Lisan) secara baik dan benar dalam membaca Alquran setelah diterapkan Metode Al�Hira‟. 3) Metode Al-Hira‟ dapat meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah (Makhraj Al-Lisan) secara baik dan benar dalam membaca Alquran pada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, dan refleksi. Sampel diambil sebanyak 19 orang yaitu siswa kelas VII-A MTs. Swasta IRA Medan. Kemampuan melafalkan huruf hijaiyah (Makhraj Al-Lisan) sebelum diterapkan Metode Al-Hira‟ yaitu dari 19 orang siswa hanya 3 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan 15,78%, sedangakan yang tidak tuntas 16 orang dengan presentase 84,21% dan nilai rata-rata yang diperoleh 59,73. Kemampuan melafalakan huruf hijaiyah (Makhraj Al-Lisan) sesudah diterapkan Metode Al-Hira‟ pada siswa kelas VII-A MTs. Swasta IRA Medan pada Siklus I dari 19 orang yang tuntas sebanyak 8 orang dengan Ketuntasan Klasikal 42,10% dan yang tidak tuntas sebanyak 11 orang dengan Ketuntasan Klasikal 57,89%, adapun Nilai Rata-Rata yang diperoleh 68,94. Sedangkan pada Siklus II dari 19 orang siswa, semua siswa tuntas dengan Ketuntasan Klasikal 100%, adapun Nilai Rata-Ratanya 80.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Melafalkan Huruf Hijaiyah (Makhraj Al-Lisan), Membaca Alquran dan Metode Al-Hira’.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:55
Last Modified: 08 Jun 2021 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item