Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajar Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMK PAB 1 Helvetia

Maharani, Maharani (2021) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajar Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMK PAB 1 Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi MAHARANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah yang diajar menggunakan metode pembelajaran Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. populasinya adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK PAB 1 Helvetia tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas X TKR 1 dan X TKR 2 yang masing-masing berjumlah 36 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah di daya pembeda, tingkat kesukaran, reliabilitas, dan validitas. Instrumen tes penelitian ini berupa soal uraian dengan 3 soal kemampuan komunikasi dan 3 soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t dan kemudian dengan N-Gain. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi trigonometri, dengan thitung = 4,017 > ttabel = 1,667 pada taraf (

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif, Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:36
Last Modified: 08 Jun 2021 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item