Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Anak Tunagrahita di SLB ABC TPI Medan

Siregar, Vera Yunita (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Anak Tunagrahita di SLB ABC TPI Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Vera Yunita Siregar.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius, mandiri dan gotong royong. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina karakter anak tunagrahita di SLB ABC TPI Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, untuk melihat secara alamiah fenomena dan memahami keaadan anak tunagrahita dengan segala keterbatasan untuk memiliki karakter yang baik dengan peran guru pendidikan agama Islam sebagai garda terdepan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius anak tunagrahita terlihat dari sikap yang tidak pernah dilupakan oleh anak ketika di sekolah seperti berdoa dan salat sebagai bentuk toleransi dan penghambaan pada Tuhan Yang Maha Esa. (2) Karakter mandiri terlihat ketika menulis hurut hijaiyah guru mengharuskan anak untuk mengerjakannya sendiri sebagai bentuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, bekerja keras, dan keberanian. (3) Karakter gotong-royong terlihat pada materi kurban, dan pembiasaaan sedekah dan berinfaq di mesjid atau kotak amal perwujudan sikap perduli, saling membantu dan sikap kerelawanan. (4) Faktor pendukung dalam membina karakter adanya fasilitas sekolah yang baik, kegiatan keagaamaan bulanan dan tahunan, program gotong royong kebersihan lingkungan sekolah dan kegiatan perlombaan bagi anak. Sedangkan faktor penghambat adalah jenis tunagrahita yang sedang, ringan dan berat, lemahnya intelegensi dan komunikasi kurang jelas

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:36
Last Modified: 07 Jun 2021 06:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item