Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara

Anisa, Yuni (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yuni Anisa new(0306161055)semoga Acc daftar sidang.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dilakukannya model Numbered Heads Together pada siswa kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah dilakukannya model Numbered Heads Together pada siswa kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara. 3)Untuk mengetahui bagaimana penerapan model numbered heads together pada siswa kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara. Metode yang digunakan peneliti dalam penulisan ini menggunakan peneltian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil dari model pembelajaran Numbered Heads Together yang dilakukan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MIN 8 Aceh Tenggara. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas siswa dan guru, tes hasil tindakan, wawancara. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal. Hal ini terlihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal yang meningkat tiap siklus yaitu siklus I 68,57%, siklus II 100%. Begitu pula persentase daya serap individu siswa, siklus I pertemuan pertama 68,14%, pertemuan kedua 72,00% dan siklus II 77,57%

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:57
Last Modified: 03 Jun 2021 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item