Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Hombo Batu Di Desa Bawomtaluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan

Maru'ao, Darnis (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Hombo Batu Di Desa Bawomtaluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
darnis skripsi pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksananakan di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Desa Bawomataluo merupakan ikon utama sekaligus pusat kebudayaan Pulau Nias. Di desa inilah jejak-jejak kebudayaan warisan nenek moyang suku Nias masih tetap dipelihara dan dijaga keberadaanya. Salah satunya adalah keberadaan tradisi Hombo Batu yang hingga kini masih terus dilestarikan dan diyakini memiliki makna dan nilai-nilai penting di dalamnya. Berkenaan dengan hal itu, penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan (1) makna Hakiki Tradisi Hombo Batu di Desa Bawomataluo.(2) sejarah tradisi Hombo Batu di Desa Bawomatalu, (3) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam pelaksanaan tradisi Hombo Batu di Desa Bawomataluo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research atau riset lapangan yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tradisi Hombo Batu merupakan warisan budaya suku Nias yang dilakukan oleh pemuda-pemuda di Nias dengan melompati batu setinggi 2 meter secara tiga kali berurut-turut,(2) tradisi Hombo Batu lahir sebagai hasil upaya pemimpin desa untuk memperkuat benteng pertahanannya dengan menyiapkan prajurit perang yang tangguh dan kuat. Oleh sebab itu Tradisi Hombo Batu diadakan sebagai persyaratan seorang pemuda layak untuk diangkat sebagai prajurit perang,(3) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Tradisi Hombo Batu meliputi (1) Nilai Pendidikan Religus/ketuhanan mengajarkan untuk selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan (2) Nilai Pendidikan Moral membina sikap untuk menghormati leluhur, menjadi pribadi yang bekerja keras, percaya diri dan penuh tanggung jawab. (3) Nilai Pendidikan Sosial menumbuhkan kesadaran seseorang sebagai makhluk sosial yang mencintai kerukunan, kerja sama dan saling berbagi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:43
Last Modified: 03 Jun 2021 00:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11629

Actions (login required)

View Item View Item