Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran IPS Di MTs P.Al-Hidayah Silo Baru

Sitompul, Nurul Hadawiyah (2020) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran IPS Di MTs P.Al-Hidayah Silo Baru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsiiiiiiiiii.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan..hasil belajar..siswa melalui..pembelajaran kooperatif..tipe jigsaw..di sekolah Mts P.Al-hidayah Silo Baru. Rumusan..masalah penelitian..ini adalah : 1)Bagaimana..hasil belajar..siswa pada..mata pelajaran..IPS awal mula menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dikelas VIII MTs P. Al-Hidayah Silo Baru? 2)Bagaimana..penerapan..metode kooperatif..tipe jigsaw di.kelas..VIII MTs..P.Al-Hidayah Silo Baru? 3)Apakah..hasil belajar mata pelajaran IPS meningkat setelah menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw MTs P.Al-Hidayah Silo Baru? Metode..penelitian..yang digunakan..adalah metode..penelitian..Tindakan Kelas,yang..dilaksanakan dalam..2 siklus..empat kali..pertemuan,,yang terdirin dari..empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan..untuk mengetahui..kemampuan siswa..peneliti menggunakan..lembar observasi..aktivitas..siswa, soal-soal pretest dan post test dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts P.Al-Hidayah Silo Baru yang berjumlah 40 Orang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. 4 Hasil.penelitian.yang dilakukan.menunjukkan sebelum diberikan tindakan pre-test menunjukkan persentase 25% (11 siswa). Sesudah..diberikan..tindakan pengajaran..dengan..menggunakan pembelajaran..kooperatif tipe jigsaw diperoleh persentase ketuntasan..belajar siswa..pada siklus I 57,5% (23..siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan siklus I , pada siklus II diperoleh persentase 82,5 (33 siswa) . berdasarkan..hasil..penelitian tindakan..kelas maka dapat..disimpulkan..dengan menggunakan pembelajaran..kooperatif..tipe//jigsaw dalam..pembelajaran IPS ..dapat meningkatkan..hasil belajar sisswa di MTs P.AlHidayah Silo Baru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Jun 2021 13:57
Last Modified: 01 Jun 2021 13:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item View Item