Upaya Meningkat Hasil Belajar IPA Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Metamorfosis Dan Daur Hidup Pada Hewan Dengan Menerapkan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas IV Al-Qoyyum Di SDIT Darul Fikri TanjungBalai Kecamatan Datuk Bandar

Banurea, Lisdawati (2020) Upaya Meningkat Hasil Belajar IPA Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Metamorfosis Dan Daur Hidup Pada Hewan Dengan Menerapkan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas IV Al-Qoyyum Di SDIT Darul Fikri TanjungBalai Kecamatan Datuk Bandar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LISDAWATI BANUREA FINISIH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah “ Rendahnya hasil belajar IPA siswa SDIT Darul Fikri TanjungBalai” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan diterapkannya metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDIT Darul Fikri TanjungBalai pada materi pokok bahasan metamorfosis dan daur hidup pada hewan. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Darul Fikri TanjungBalai yang berlokasi di kecamatan Datuk Bandar kota TanjungBalai. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 40 orang dan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Inquiry.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan test untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian di peroleh nilai pretest dengan nilai rata-rata ketuntasan belajarnya 55,25 dengan siswa yang tuntas belajar hanya 14 orang siswa (35%) dan yang belum tuntas 26 orang siswa (65%). Pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa 63,25 dari 40 orang siswa 20 orang siswa (50%) telah mencapai keberhasilan belajar dan 20 orang siswa (50%) yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar menjadi 77,5 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebesar 35 orang (87,5%) siswa dan yang belum tuntas 5 orang siswa (12,5%). Hal ini berarti ada peningkatan sebesar 14,25 poin. Dari hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah 65% dan kategori penilaian adalah cukup. Pada siklus II data hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah 88,75% dan kategori penilaian adalah baik, berarti peningkatan dari siklus I dan II sebesar 23,75%. Berdasarkan hasil penelitian diatas terbukti bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Metamorfosis dan Daur Hidup pada Hewan kelas IV SDIT Darul Fikri TanjungBalai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Jun 2021 13:49
Last Modified: 01 Jun 2021 13:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11627

Actions (login required)

View Item View Item