Implementasi Program Peningkatan Mutu Kompetensi Guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara

Munthe, Madan (2021) Implementasi Program Peningkatan Mutu Kompetensi Guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Mahdan Munthe.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program peningkatan mutu kompetensi guru, pelaksanaan program peningkatan mutu kompetensi guru, peran pelaksanaan program peningkatan mutu kompetensi guru, kendala pelaksanaan program peningkatan mutu kompetensi guru, dan upaya mengatasi kendala pelaksanaan program peningkatan mutu kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenalogi. Penelitian ini dilaksanakan untuk membangun pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan berdasarkan metodologi yang menyelidiki suatu fenomena dan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi. Pengelolaan data terdiri dari reduksi data, display data/penyajian data, analisis data, penarikan kesimpulan untuk hasil penelitian. Hasil penelitian dikemukakan bahwa program peningkatan mutu kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara terdiri dari pelatihan berbasis kompetensi, penyetaraan dan sertifikasi, kualifikasi pendidikan, pemberdayaan MGMP, dan supervisi pendidikan. Pelaksanaan program peningkatan mutu kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu terdiri dari kegiatan menetapkan tujuan pelaksanaan, kompetensi, dan menyusun materi pelatihan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013. Kendala dalam pelaksanaan program peningkatan mutu kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu dipengaruhi oleh faktor struktural, faktor personal guru, faktor ekonomis guru, faktor sosial, dan faktor budaya. Upaya mengatasi kendala pelaksanaan program peningkatan mutu ii kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu senantiasa melakukan komunikasi, monitoring dan evaluasi untuk meyakinkan program yang telah direncanakan dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan, sejauhmana pencapaiannya

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 May 2021 07:21
Last Modified: 31 May 2021 07:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11626

Actions (login required)

View Item View Item