Pengaruh Strategi Mind Mapping dan Motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Fikih Materi Kurban Kelas V MIS Raudlatul Uluum Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2019/2020

Ilba, Hafridah (2020) Pengaruh Strategi Mind Mapping dan Motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Fikih Materi Kurban Kelas V MIS Raudlatul Uluum Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS HAFRIDAH ILBA PDF 6 1 2021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Fikih siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Fikih siswa, (3) untuk mengetahuin perbedaan hasil belajar Fikih siswa, (4) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Fikih siswa antara yang siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi rendah, dan (5) untuk mengetahui interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Fikih siswa kelas. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari empat kelas yaitu V-1, V-2 dan V-3 dan V-4. Melalui teknik cluster random sampling maka terpilih 1 kelas sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan strategi mind mapping dan 1 kelas kontrol yang diajar dengan strategi ekspositori. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes dan teknik analisis data yang digunakan analisis varian dua jalur. pen” Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Fikih siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar Fikih siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil ”belajar Fikih siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar Fikih siswa dengan motivasi berprestasi rendah yang terbukti melalui pengujian statistik, (3) terdapat perbedaan hasil belajar Fikih siswa yang diajar dengan strategi mind mapping dan strategi ekspositori baik pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi maupun motivasi berprestasi rendah, (4) terdapat perbedaan hasil belajar Fikih siswa siswa yang diajar dengan motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah baik yang diajar dengan strategi mind mapping dan strategi ekspositori, dan (5) terdapat ”pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi, di mana untuk siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tepat menggunakan strategi pembelajaran mind mapping, sedangkan siswa dengan motivasi berprestasi rendah lebih tepat menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.”

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Strategi Belajar, Metode Belajar, Labuhanbatu
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 May 2021 08:07
Last Modified: 25 May 2021 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item