Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Di MTs Pondok Pesantren Yatim An-Nursali Binjai Kelurahan Cengkeh Turi Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai

Nasution, Azhar Mansyur (2021) Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Di MTs Pondok Pesantren Yatim An-Nursali Binjai Kelurahan Cengkeh Turi Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Azhar Mansyur Nasution.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kecerdasan sosial yang dilaksanakan oleh guru MTs dalam pembelajaran Hadits.di pondok Pesantren Yatim An-Nursali Binjai Kelurahan Cengkeh Turi Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis, data penelitian ini berupa hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya berasal dari guru mata pelajaran Hadits sebagai informan kunci. Sedangkan informan pendukungnya adalah santri, kepala MTs dan kepala pengasuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancaran, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan pembelajaran di dalam kelas mencakup tiga langkah yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Sedangkan di luar kelas, mencakup program yang berkaitan dengan kegiatan Masjid, ekstrakurikuler, dan pengasuhan. (2) Pelaksanaan model pengembangan kecerdasan sosial yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits baik di dalam maupun di luar kelas melalui tiga langkah pembelajaran dengan tetap memperhatikan perkembangan santri serta memantau kegiatan sholat fardu berjama‟ah, tahajjud serta dhuha sebelum masuk kelas, mengaji, kegiatan belajar malam, serta kegiatan kebersihan bersama. (3) Model yang digunakan guru dalam menyampaikan pelajaran yaitu model pembelajaran Inkuiri. Hal ini dilakukan agar pembelajaran dapat maksimal diterima oleh santri. Adapun alasannya yaitu agar proses pembelajaran yang dilaksanakan berjalan secara efektif dan menyenangkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 May 2021 03:43
Last Modified: 24 May 2021 03:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item