Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Ketika Berkomunikasi di SMP Muhammadiyah 3 Medan

Susanti, Risa (2019) Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Ketika Berkomunikasi di SMP Muhammadiyah 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISA SUSANTI NIM. 31.15.3.140.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan 1) Untuk Mengetahui Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Berkomunikasi di SMP Muhammadiya 3 Medan, 2) Untuk Mengetahui Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas VII ketika Berkomunikasi di SMP Muhammadiya 3 Medan, dan 3) Untuk Mengetahui Apa saja Kendala yang dihadapi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa ketika Berkomunikasi Kelas VII di SMP Muhammadiya 3 Medan. Adapun jenis penelitian ini merupakan bentuk kualitatif. Adapun prosedur pengumpulan data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian mengungkapkan temuan yaitu: 1) Kesulitan komunikasi siswa yang terjadi di kelas karena kurangnya peluang siswa dalam mengungkapkan pendapatnya di dalam kelas dan metode belajar yang hanya monoton 2) Guru berperan yang sangat penting dalam proses pembelajaran guru tidak hanya menjalankan fungsi alih ilmu pengetahuan, tetapi memiliki banyak fungsi lain yaitu guru sebagai pegajar, guru sebagai fasilitaor, guru sebagai komunikator, dan guru sebagai motivator dalam mengatasi kesulitan komunikasi ketika belajar di kelas dengan metode pembelajaran yang dikuasai guru tersebut. 3) Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa ketika berkomunikasi kelas tujuh di SMP Muhammadiyah 3 Medan faktor keluarga, banyak juga yang terpaksa dan tidak ingin mengkomunikasikan pikirannya dikelas menyebabkan siswa hanya mengikuti arus pembelajaran tanpa minat, Adapun cara mengatasinya guru-guru PAI terus melakukan tanya-jawab kepada siswanya agar seluruh siswa tidak kesulitan berkomunikasi di kelas

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 May 2021 06:36
Last Modified: 20 May 2021 06:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11574

Actions (login required)

View Item View Item