Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Medan

Fatmah, Sit (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 45 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SITI FATIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 45 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel di pilih teknik cluster random sampling dalam hal ini diambil satu trategi pembelajaran simulasi dan satu kelas ang diajarkan dengan strategi ekspositori. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik oleh analisis varians (Anava) pada = 0.05. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran simulasi X = 24,3 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori X = 22,7, dengan Fhitung = 4,35 > Ftabel = 3,96, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi X = 23,9 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah X = 22,8, dengan Fhitung = 5,14 > Ftabel = 3,96, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan Fhitung = 104,36 > Ftabel = 3,96. Berdasarkan temuan penelitian, siswa yang berkarakteristik motivasi belajar tinggi maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran simulasi sedangkan siswa berkarakteristik motivasi belajar rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik motivasi belajar

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 May 2021 06:29
Last Modified: 20 May 2021 06:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item