Adlini, Miza Nina (2021) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Pada Mata Kuliah Biologi Umum Di UINSU. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.
|
Text
Miza Nina Adlini_Laporan Penelitian-upload.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran daring atau online yang telah dilakukan selama ini di UIN Sumatera Utara (UINSU) menggunakan berbagai jenis media. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran daring menggunakan media platform google classroom pada mata kuliah biologi umum di UINSU pada mata kuliah biologi umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 50 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah biologi umum diperoleh dengan menggunakan metode random sampling. Data kemandirian belajar mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket, dan data hasil belajar biologi umum mahasiswa diperoleh melalui instrument tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji-t. Dari hasil analisis diketahui terdapat hubungan antara variabel kemandirian belajar dan hasil belajar dengan persentase sumbangan pengaruh variabel kemandirian belajar terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 73.7 % (R=0.858; R²=0,737). Selanjutnya, diperoleh nilai thitung = 11,589 dan ttabel= 2.01, yang berarti variabel kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi UINSU pada mata kuliah biologi umum daring dengan menggunakan platform google Classroom belajar.
Jenis Item: | Lainnya |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Laporan Penelitian (Research Report) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 07 May 2021 21:50 |
Last Modified: | 07 May 2021 21:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11552 |
Actions (login required)
View Item |