Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Swasta Hidayatul Islam

Pulungan, Aman Parhan (2019) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Swasta Hidayatul Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Model pembelajaran Berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Swasta Hidayatul Islam pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (2) Adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Hidayatul Islam pada materi persamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 70siswa. Sampel dalam penelitian ini di ambil 2 kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk essay. Selain itu teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji ANAVA Satu Jalur. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan : (1) Model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa nilai rata-rata sebesar 74,42(2) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,42 dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar68,60. Selanjutnya berdasarkan perhitungan statistik Uji-t diperoleh angka sebesar 2,844 sedangkan harga t-tabel sebesar 1,995, dan uji ANAVA Satu Jalur yang menunjukkan f hitung sebesar 8,083 dan f tabel sebesar 3,981. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa baik buruknya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Swasta Hidayatul Islam tergantung dari baik buruknya penggunaan Model pembelajaran Berbasis Masalah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 07 May 2021 05:49
Last Modified: 07 May 2021 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item