Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri 104192 Tandem Hilir II Deli Serdang

Sufairi, Sufairi (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri 104192 Tandem Hilir II Deli Serdang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SUFAIRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah, terdapat banyak unsur yang saling berkaitan dan menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Unsur-unsur tersebut adalah: pendidik (guru), peserta didik (siswa), kurikulum, pengajaran, dan lingkungan. Siswa sebagai subjek dalam proses tersebut juga sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif think pair share dan trategi pembelajaran ekspositori, (2) minat belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran think pair share, dan (3) pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 104192 Tandem Hilir II Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang tersebar pada 3 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur pada pengujian α = 0,05 Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran TPS ( X = 29,32) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( X = 27) dengan Fhitung = 13,32 > Ftabel = 4,00, (2) rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan minat belajar tinggi ( X = 29,90) lebih tinggi daripada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan minat belajar rendah ( X = 26,20), dengan Fhitung = 10,41 > Ftabel = 4,00, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar dengan Fhitung = 12,51 > Ftabel = 4,00.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Think Pair Share, SD Negeri 104192, Deli Serdang
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Apr 2021 05:25
Last Modified: 30 Apr 2021 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item