Gaya Mengajar Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di MTs PAB 1 Helvetia Medan

Putri, Zuhria Eka (2019) Gaya Mengajar Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di MTs PAB 1 Helvetia Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ZUHRIA EKA PUTRI 35144005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs PAB 1 Helvetia Medan yang bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Gaya mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di MTs PAB 1 Helvetia Medan. (2) kendala guru matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di MTs PAB 1 Helvetia Medan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode Fenomenologi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode : (1) Observasi ; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan diolah melalui deruksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru bidang studi matematika di MTs PAB 1 Helvetia Medan. Objek penelitian adalah siswa MTs PAB 1 Helvetia Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Guru matematika di MTs PAB 1 Helvetia Medan, menggunakan gaya mengajar klasik pada saat menyampaikan suatu materi pembelajaran, gaya mengajar tegnologis diterapka pada saat menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran, dan gaya mengajar interaksional terlihat dibeberapa kegiatan pembelajaran. (2) motivasi belajar siswa meningkat terlihat dengan temuan sebagai berikut : a) Lingkungan Kondusif, b)Siswa aktif, c)menggunakan metode mengajar yang beragam, d)menggunakan variasi gaya mengajar, e)pemberian reward dan hukuman pada peserta didik. (3) kendala guru dalam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MTs PAB 1 Helvetia Medan terlihat saat guru memberikan materi didepan kelas kurangnya pemahaman atau pengetahuan dari diri siswa, sehingga materi yang dijelasakan oleh guru tidak sesuai dengan pemahaman siswa; tidak semua siswa aktif dikarenakan kemampuan siswa berbeda-beda dan jumlah siswa yang melebihi kapasitas membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa MTs
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 30 Apr 2021 04:39
Last Modified: 30 Apr 2021 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item