Upaya Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa kelas IV SD Swasta Darussalam Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020

Lubis, Hamidah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa kelas IV SD Swasta Darussalam Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAMIDAH LUBIS PGMI 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks fiksi sebelum menerapkan model STAD (Student Teams Achievement Division), sesudah menerapkan model STAD, dan untuk mengetahui respon siswa setelah menerapkan model STAD. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV SD Swasta Darussalam Bandar Klippa yang terdiri dari 19 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi tek fiksi meningkat. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata kelas sebesar 57,89 dan jumlah siswa yang yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 5 orang siswa atau sebesar 26,31%. Kemudian pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,47 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria tuntas adalah 12 siswa atau sebesar 63,15%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87,36 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 18 siswa atau sebesar 94,73%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:05
Last Modified: 29 Apr 2021 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item