Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di SMP 29 Medan

Fauziah, Fauziah (2021) Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di SMP 29 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAUZIAH SELESAI 26-04-2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP 29 Medan. Adapun tujuannya adalah untuk meng-etahui 1) Strategi guru bimbingan konseling dalam meminimalisir pelanggaran tata tertib siswa di SMP 29 Medan 2) Faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling dalam meminimalisir pelanggaran tata tertib siswa di SMP 29 Medan. Subek dari penelitian ini adalah siswa yang melanggar tata tertib sekolah dan strategi guru bimbingan konseling dalam meminimalisir pelanggaran tata tertib siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpalan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap strategi guru bimbingan konseling dalam meminimalisir pelanggaran tata terti siswa di SMP 29 Medan. Analisis data menggunakan tiga tahapan proses, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1)Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam meminimalisir pelanggaran tata tertib siswa meliputi: melakukan pendekatan kepada siswa sesuai dengan pelanggaran dan permasalahan yang ditemukan, memberikan berbagai layanan bimbingan konseling mulai dari layanan orientasi, layanan informasi, layanan mediasi dan layanan advokasi, bekerjasama dengan Guru Wali Kelas, Guru Bidang Studi, Kepala Sekolah, Kesiswaan dan Ketua Kelas dalam memberikan informasi tentang keadaan dan kondisi siswa di kelas secara berkala 2) Faktor penghambat Guru Bimbingan Konseling dalam meminimalisir pelanggaran tata tertib siswa terdiri dari: Faktor intelegensi rendah dimana siswa memiliki stigma negatif terhadap Guru Bimbingan Konseling indentik dengan kejam dan suka memberi hukuman dan image negatif siswa yang ketika memasuki ruang bimbingan konseling adalah siswa bermasalah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:03
Last Modified: 28 Apr 2021 04:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item