Kendala Guru Dalam Mengajar Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Swasta At-Taufiqurrahman Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020

Syahwana, Ani (2020) Kendala Guru Dalam Mengajar Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Swasta At-Taufiqurrahman Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ani Syahwana Turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru mengajar IPS Terpadu, Proses belajar mengajar guru, dan upaya guru dalam mengatasi kendala mengajar IPS Terpadu di kelas VIII MTS swasta At-taufiqurrahman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTS swasta At-taufiqurrahman Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi, dan siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Guru mengalami kendala dalam mengajar IPS Terpadu, kendala yang dihadapi guru adalah latar belakang pendidikan guru yang berbeda sehingga guru kurang mampu menguasai materi secara menyeluruh dan mampu mengelola kelas dengan baik 2. Proses belajar megajar yang dilakukan guru masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab sehingga menyebabkan siswa jenuh dan bosan ketika belajar IPS Terpadu 3. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala adalah memperdalam pengetahuan mata pelajaran IPS Terpadu serta guru juga harus mengikuti pelatihan-pelatihan tentang pembelajaran IPS Terpadu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:50
Last Modified: 28 Apr 2021 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item