Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia

Lubis, Khadijah Utami (2021) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
KHADIJAH UTAMI LUBIS NIM (0305163169).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran Inside Outside Circle dan model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa di kelas XI MAS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini termasuk kedalalam penelitian kuantitatif serta jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya ialah seluruh siswa kelas XI MAS PAB 2 Helvetia T.P 2020/2021 yang berjumlah 3 kelas. Dimana sampel yang digunakan oleh peneliti ialah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang masing-masing berjumlah 35 siswa, kemudian yang dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan ialah tes dan angket. Instrument tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbentuk uraian dan instrument angket diperuntukan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan melalui analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dan model pembelajaran Bamboo Dancing pada materi logika matematika dengan Fhitung = 7,233 > Ftabel taraf α (0,05) = 3,98; 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dan model pembelajaran Bamboo Dancing pada materi logika matematika dengan Fhitung = 10,383 > Ftabel taraf α (0,05) = 3,98; 3) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dan model pembelajaran Bamboo Dancing pada materi logika matematika dengan Fhitung = 17,306 > Ftabel taraf α (0,05) = 3,91; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa pada materi logika matematika dengan Fhitung = 0,038 < Ftabel taraf α (0,05) = 3,91. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dan Bamboo Dancing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Apr 2021 03:31
Last Modified: 18 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item