Pengaruh Metode Eksperimen Mengenal Gejala Alam Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Miska Desa Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020

Syahfitri, Muliani (2020) Pengaruh Metode Eksperimen Mengenal Gejala Alam Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Miska Desa Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MULIANI SYAHFITRI FULL.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen mengenal gejala alam terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Miska tahun ajaran2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Experimental Desain. Jumlah populai adalah 40 orang anak, pengambilan sample menggunakan teknik Total Boring Sampling instrument pengumpulan data melalui observasi. Tekniuk analisi data yang digunakan yaitu:uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Perkembangan kognitif usia 5-6 Tahun Di RA Miska. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata 5,8 dengan nilai terendah 4 dan nilai tertinggi 8, modusnya 4 dan mediannya 6. Kemudian menggunakan meodel kelompok diperoleh dengan nilai rata-rata 7,7 dengan nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 10, modusnya 7 , mediannya 7,5 dan simpangan baku 1,552417. 2) Penggunaan metode eksperimen mengenal gejala alam terhadap perkembangan kognirtif anak usia 5-6 tahun menggunakan model kelompok diperoleh dengan nilai rata-rata 13,8 dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 16, modusnya 16, mediannya 14 dan simpangan baku 1,989975. 3) Terdapat pengaruh metode eksperimen mengenal gejala alam terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Miska T.A 2019/2020. Hal ini dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test 6,05 dan rata-rata post test 13,8 yang berjumlah 20 orang dengan nilai thitung = 18,7107 dengan taraf α = 0,05 didapat tabel t pada dt 18 diperoleh nilai ttabel = 0,190. Karena thitung>ttabel maka H0 : ditolak, Ha : diterima. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel, sehingga hasil penelitian adalah signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 16:10
Last Modified: 17 Apr 2021 16:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11413

Actions (login required)

View Item View Item