Pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar kelas VII SMP Al-Hidayah Medan Polonia Tahun Pelajaran 2019-2020.

Alfadilla, Isnaini (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar kelas VII SMP Al-Hidayah Medan Polonia Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISNAINI ALFADILLA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar kelas VII SMP Al-Hidayah. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar kelas VII SMP Al-Hidayah. Prosedur pengembangan bahan ajar mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan pada tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Hidayah, berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah lembar penilaian bahan ajar untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan validasi bahan ajar berbasis problem based learning pada materi bentuk aljabar yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh persentase (P) total sebesar 62,65 % dengan kriteria valid (tidak perlu revisi). Hal ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa belajar. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol 64,96 dan kelas eksperimen sebesar 71,57, dengan t-hitung ( ) sebesar 2,04, t-tabel ( ) dibandingkan dengan t-tabel dengan db=38 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebedar 1,68. Maka dapat dibandingkan =2,04 =1,68 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbasis problem based learning pada materi bentuk aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP AL Al-Hidayah Medan Polonia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 17 Apr 2021 08:19
Last Modified: 17 Apr 2021 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item