Perbedaan Hasil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT) Kelas IX Mts PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran T.A 2020/2021

Tanjung, Laroibafihi (2021) Perbedaan Hasil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Team Games Tournament (TGT) Kelas IX Mts PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
LAROIBAFIHI TANJUNG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa salah satunya ditentukan oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) pada materi Perpangkatan dan akar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX MTs PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dri dua kelas yaitu IX-A berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas Numbered Head Together) dan siswa kelas IX-B berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas Team Games Tournament). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berupa tes awal dan tes akhir. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil -thitung lebih kecil dibandingkan -ttabel (-2,7111< -2,0210), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan: terdapat perbedaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas IX MTs PP. Tarbiyah Islamiyah Hajoran Tahun Ajaran 2020/2021

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Apr 2021 16:39
Last Modified: 16 Apr 2021 16:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11385

Actions (login required)

View Item View Item