Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Kelas VII Di SMP Swasta Al-Ulum Medan

Manurung, Elfira Muniroh (2021) Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Kelas VII Di SMP Swasta Al-Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI ELFIRA MUNIROH MANURUNG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SMP Swasta Al-Ulum Medan khususnya kelas VII terdapat beberapa siswa penyesuaian dirinya yang menurun seperti kurang percaya diri, kurang beradaptasi dengan teman dan lingkungan sekolah, dan adanya rasa minder dengan siswa lain. Penelitian ini bertujuan. 1. Mendiskripsikan bagaimana penyesuaian diri siswa di SMP Swasta Al-Ulum Medan. 2. Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Swasta Al-Ulum Medan. 3. Mendeskripsikan bagaimana upaya guru BK dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMP Swasta Al-Ulum Medan. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII dan guru BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif guna mendeskripsikan upaya guru BK. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan analisis data dari penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, yang mana analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru BK dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa yang dilakukan dengan pemberian layanan bimbingan kelompok yang selama ini diberikan oleh guru BK kepada siswa SMP Swasta Al-Ulum Medan secara sistematis dan berkelanjutan memberikan perubahan positif dan efektif mengurangi penyesuaian diri siswa. Perubahan itu ialah siswa menjadi lebih terbuka untuk beradaptasi dengan teman dan lingkungan sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Apr 2021 16:23
Last Modified: 16 Apr 2021 16:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item