Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dan Group Investigation di Kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hulu T.A 2020/2021

Ritonga, Aulia Rizki Fadillah (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dan Group Investigation di Kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hulu T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
AULIA RIZKI FADILLAH RITONGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Group Investigation pada materi persamaan garis lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hulu Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII-A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas Reciprocal Teaching) dan siswa kelas VIII-B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas Group Investigation). Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan tes berbebtuk uraian untuk kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika berupa tes awal dan tes akhir. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur. Hasil temuan menunjukkan : 1) Kemampuan Berpikir Kritis yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation. 2) Kemampuan Pemecahan Masalah yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:39
Last Modified: 15 Apr 2021 05:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11374

Actions (login required)

View Item View Item