Ritonga, Aulia Rizki Fadillah (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching dan Group Investigation di Kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hulu T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
AULIA RIZKI FADILLAH RITONGA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan Group Investigation pada materi persamaan garis lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hulu Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII-A berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas Reciprocal Teaching) dan siswa kelas VIII-B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas Group Investigation). Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan tes berbebtuk uraian untuk kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika berupa tes awal dan tes akhir. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur. Hasil temuan menunjukkan : 1) Kemampuan Berpikir Kritis yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation. 2) Kemampuan Pemecahan Masalah yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 05:39 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 05:39 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11374 |
Actions (login required)
View Item |