Hubungan Antara Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Islami Kepala Madrasah dengan Komitmen Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kelurahan Sei Berombang

Aziza S, Aziza S (2020) Hubungan Antara Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Islami Kepala Madrasah dengan Komitmen Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kelurahan Sei Berombang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
AZIZA_TESIS_SIDANG MNQSH 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1. Hubungan Kepemimpinan Partisipatif dengan Komitmen Kerja Guru; 2. Hubungan Komunikasi Islami dengan Komitmen Kerja Guru; dan 3. Hubungan Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Islami dengan Komitmen Kerja guru-guru MIS di Sei Berombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di empat sekolah MIS yang ada di Sei Berombang yakni: Madrasah Ibtidaiyah Sei Berombang meliputi empat subyek penelitian: (1) MIS Hubbul Wathon Sei Berombang; (2) MIS Alwashliyah Sungai Lumut; (3) MIS Darul Amin dan (4) MIS Alwasyliyah Sei Berombang. Ketiga madrasah ini berada di Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian berjumlah 60 orang guru. Berdsarkan table Krejcie-Morgan sampel didapat sebanyak 53 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penelitian model skala Likert yang sudah divalidasi dengan cara ujicoba. Data yang terkumpul dari responden kemudian diolah dengan menggunakan analisis korelasional dan regresi sederjhana dan ganda. Uji persyaratan juga dilakukan dengan cermat meliputi, uji normalitas, linieritas, homogenitas dan independensi antar variabel bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1). Kepemimpinan Partisipatif berkontribusi signifikan terhadap Komitmen Kerja (Y) pada taraf kepercayaan 95% dengan besarnya koefisien korelasi ry.x1 = 0,323 dan berkontribusi sebesar 10,4%. Dapat dikemukakan bahwa bertambah tinggi Kepemimpinan Partisipatif yang dimiliki seorang guru cenderung tingkat Komitmen Kerja mereka juga akan bertambah tinggi. Berdasarkan hasil analisis terhadap jawaban para guru juga dapat diketahui bahwa tingkat pencapaian skor untuk variabel Kepemimpinan Partisipatif yang dicapai oleh guru jika dibandingkan dengan skor ideal mencapai 83,6% termasuk kategori baik. 2). Komunikasi Islami berkontribusi sangat berarti terhadap Komitmen Kerja (Y) pada taraf kepercayaan 95% dengan besarnya koefisien korelasi ry.x2 = 0,441. Dapat dikemukakan bahwa dengan Komunikasi Islami yang tinggi, seorang guru cenderung memiliki tingkat komitmen kerja juga akan tinggi. Dari angket yang diberikan tentang Ekpektasi dapat dijelaskan bahwa tingkat pencapaian guru terhadap skor variabel Ekpektasi, jika dibandingkan dengan skor ideal termasuk kategori cukup dengan daya serap sebesar 66,78%. 3). Terakhir dapat dijelaskan bahwa kontribusi kedua prediktor yang diteliti terhadap Komitmen Kerja sebesar 21,9%. Ini berarti masih banyak faktor-faktor lain yang berkontribusi pula terhadap komitmen kerja guru, yang berpeluang memberikan kontribusi sebesar 100% - 21,9% = 78,1%

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:17
Last Modified: 15 Apr 2021 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item