Siregar, Pitri Fujiani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Pitri Fujiani Siregar.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa di MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang. Jenis penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis siswa adalah lembar observasi dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tes adalah berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 40 soal. Analisis data pada penelitian ini adalah uji Paired t test dengan bantuan program SPSS 20. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 26,286 dan ttabel = 2,002 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang. Sedangkan dari hasil analisis hasil belajar diperoleh thitung = 22,551 dan ttabel = 2,002 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Guided Iinquiry terhadap hasil belajar siswa kelas X MAS PAB 2 Helvetia Deli Serdang
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 04:53 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 04:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11371 |
Actions (login required)
View Item |