Saragih, Lia Fatmawati (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Make a Match terhadap Aktivitasdan Hasil Belajar Biologi Siswa MA Al-Uswah Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI LIA FIX PDF.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning disertai Make A Match pada mata pelajaran biologi di MA Al-Uswah, 2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning disertai Make a Match, 3) Hasil belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan Problem Based Learning disertai Make A Match, 4) Adanya pengaruh model Problem Based Learning disertai Make A Match terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa MA Al-uswah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatak Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 64 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa adalah Lembar observasi sedangkan untuk hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa dan post-test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan interval skala Likert dan untuk hasil belajar siswa menggunakan t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen, dengan interpensi nilai 1,76-2,50 yang dikategorikan cukup aktif dan pada kelas eksperimen 2.51- 3.52 dengan kategori aktif. 2) Hasil belajar bioloogi siswa kelas eksperimen (XI-2) dengan menggunakan Problem Based Learning disertai Make A Match diperoleh nilai rata-rata 77,031 sedangkan kelas kontrol (XI-1) dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 72,813. 3) Berdasarkan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning disertai Make A Match pada proses pembelajaran. 4) Nilai aktivitas siswa menunjukkan kelas Eksperimen > kelas Kontrol, sehingga Ha 1 diterima dan Hasil uji t juga menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,000 sehingga Ha 1 diterima
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 04:31 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 04:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11369 |
Actions (login required)
View Item |