Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Melalui Model Picture And Picture Di Kelas IV MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa

Sembiring, Nur Ainun Br (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Melalui Model Picture And Picture Di Kelas IV MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURAINUN BR SEMBIRING (0306161011).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui Proses Pembelajaran IPS sebelum Menggunakan Model Picture and picture (2) Mengetahui Hasil Belajar Siswa Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Model Picture and picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam (3) Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model picture and picture Pada Mata Pelajaran IPSMateri Pemanfaatan Sumber Daya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Az-Zuhri di Semester I sebanyak 29 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS sebelum menggunakan model picture and picture adalah hanya 4 siswa (13,8%) yang tuntas dan mencapai nilai KKM. (2) Hasil belajar siswa setelah menerapkan model picture and picture pada siklus I terdapat 15 (51,7%) siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 26 (89,7%) orang. Dan telah mencapai keetuntasan klasikal belajar 89,7%. (3) Hasil Belajar siswa pra siklus yaitu (13,8%), siklus I (51,7%) dan menjadi persentase (89,7%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS materi pemanfaatan sumber daya alam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Apr 2021 14:22
Last Modified: 14 Apr 2021 14:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11363

Actions (login required)

View Item View Item