Penerapan Konseling Islami Dalam Pembinaan Kejujuran Peserta Didik SMP Muhammadiyah 57 Medan

Morgani, Trisna (2020) Penerapan Konseling Islami Dalam Pembinaan Kejujuran Peserta Didik SMP Muhammadiyah 57 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI TRISNA MORGANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui Penerapan Konseling Islami Dalam Pembinaan Kejujuran Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru BK, siswa, dam kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumetasi terhadap penerapan konseling Islami dalam pembinaan kejujuran peserta didik SMP Muhammadiyah 57 Medan. Analisis data menggunakan tiga tahapan proses yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan konseling Islami diberikan kepada siswa sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa itu sendiri. Pelaksanaan konseling Islami salah satunya menggunakan model muhasabah (mengevaluasi diri) seperti memberi nasihat berupa dengan ajaran-ajaran Islam dan memberikan kata-kata yang positif sebagaimana yang di dalamnya terdapat dalil Al-qur’an dan Hadist bahwasanya perilaku yang tidak jujur adalah perbuatan yang tidak baik. Dimana proses konseling Islami dengan model muhasabah untuk menanamkan kejujuran peserta didik agar adanya perbaikan dan perubahan terhadap diri konseli seperti siswa makin disiplin, bertanggung jawab, dan bersikap jujur

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Apr 2021 08:23
Last Modified: 12 Apr 2021 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item