Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 5 Tanjung Morawa Satu Atap Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Harahap, Miftah Yaminul Zein (2019) Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 5 Tanjung Morawa Satu Atap Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Gabungan Skripsi Bab I - V Revisi Zein- Repository UINSU.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tanjung Morawa Satu Atap Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Jl. Pasar I Sei Merah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan : (1) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, (2) Pengelolaan Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam, dan (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomologis. Fenomenologi diartikan sebagai pengalaman subjektif atau pengalaman fenomenologikal, suatu studi tentang kesadaran dari perspektif pokok dari seseorang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian Miles And Huberman, dengan teknik pengumpulan data: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Langkah menganalisis data adalah dengan melalui mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji validitas data dilakukan uji kreadibilitas, transferabilitas, defendibilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kreativitas guru dalam pengelolaan pembelajaran Agama Islam sudah baik, para guru telah menerapkan berbagai metode dan strategi PAIKEM pembelajaran yang menarik serta menggunakan berbagai media pembelajaran beragam. Sehingga peserta didik merasa senang dan menumbuhkan kemauan belajar yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran Agama Islam. Kreativitas guru dalam pengelolaaan pembelajaran Agama Islam ini dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, yaitu (1) tuntutan materi; (2) adanya pelatihan-pelatihan guru dalam mengembangkan kreativitas (3) kemudian dari pada itu banyaknya sumber-sumber buku yang bisa diambil sebagai referensi untuk berinovasi atau berkreativitas dalam melaksanakan proses pembelajaran, (4) ketersedian fasilitas wifi disekolah, sehingga memudahkan guru dalam mengakses media-media pembelajaran yang luas dan menarik. Dan faktor penghambat adalah fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Apr 2021 08:15
Last Modified: 12 Apr 2021 08:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item