Manurung, Siti Hardina Wanti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V MIS Islamiyah Terusan Ulu. Other thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI SITI HARDINA WANTI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPA siswa kelas V tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di MIS Islamiyah Terusan Ulu (2) Hasil belajar IPA siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di MIS Islamiyah Terusan Ulu (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MIS Islamiyah Terusan Ulu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperiment desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 54 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah dengan nilai rata – rata 77, 44. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah dengan nilai rata – rata 81, 29. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 2, 554> 2,008 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V MIS Islamiyah Terusan Ulu.
Jenis Item: | Skripsi (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 04:00 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 04:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11323 |
Actions (login required)
View Item |